Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KSEI Tunjuk 5 Bank Pembayaran

Kompas.com - 12/05/2011, 10:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) telah menunjuk lima bank yang akan menjadi Bank Pembayaran KSEI untuk periode 2011-2015 dari tujuh bank yang mengajukan proposal. 

Kelima Bank tersebut, yaitu Bank Central Asia (BCA) Tbk, Bank CIMB Niaga Tbk, Bank Mandiri (Persero) Tbk, Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, dan Bank Permata Tbk. "Dari 20 bank kustodian, yang masukin proposal itu ada 7 bank. Itu kita nilai semuanya, mulai dari sistem back-office, IT, dan segala macamnya. Kita punya bobot penilaian sendiri," ujar Direktur PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) Margeret Mutiara ketika dihubungi Kompas.com, Kamis ( 12/5/2011 ).

Dalam proses pemilihannya, KSEI telah menyampaikan Request for Proposal kepada 20 bank yang memiliki jasa kustodian dan terdapat 7 bank yang menyampaikan proposal sebagai Bank Pembayaran. Namun, dari 7 bank tersebut hanya 5 bank yang terpilih. "Setelah kita melakukan kunjungan dan penilaian terhadap (tujuh) bank tersebut, maka ada 5 bank yang sesuai dengan penilaian kita," ungkapnya.

Pemilihan ini dilakukan sehubungan dengan berakhirnya periode Bank Pembayaran KSEI tahun 2009-2011 pada 16 Juli 2011 mendatang. Sebelumnya, mengacu pada Peraturan Bapepam-LK No V.D.3, tanggal 28 Desember 2010,  KSEI telah menandatangi kesepakatan bersama dengan 4 bank pembayaran, yaitu BCA, Mandiri, CIMB Niaga, dan PermataBank, untuk memisahkan rekening dana nasabahnya.

Sehingga dari daftar Bank Pembayaran periode sebelumnya ini, maka BNI menjadi bank tambahan untuk periode 2011-2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com