Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertumbuhan Kuartal I Capai 6,5 Persen

Kompas.com - 19/05/2011, 15:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Realisasi pertumbuhan produk domestik bruto selama kuartal I tahun 2011 mencapai 6,5 persen. Pertumbuhan ini sesuai dengan proyeksi Kementerian Keuangan.

"Terutama didukung oleh meningkatnya pertumbuhan konsumsi masyarakat dan ekspor, sedangkan investasi sedikit mengalami perlambatan," ungkap Menteri Keuangan Agus Martowardojo dalam pemaparan perkembangan ekonomi makro dan APBN 2011 di Jakarta, Kamis (19/5/2011).

Ekspor dan impor menjadi sumber pertumbuhan yang terbesar dengan persentase sebesar 12,3 persen dan 15,6 persen. Selama kuartal I, total ekspor Indonesia tumbuh sebesar 27,5 persen (year to date). Masih meningkatnya ekspor nonmigas dan migas merupakan faktor pendukung pertumbuhan ekspor tersebut. Selain itu, impor juga mengalami pertumbuhan sebesar 29,5 persen (ytd).

Sumber pertumbuhan lainnya ialah investasi (7,3 persen), konsumsi masyarakat (4,5 persen), dan konsumsi pemerintah (3 persen). "Menurut strukturnya, konsumsi rumah tangga masih menjadi penyumbang terbesar, yaitu 55,7 persen," tuturnya.

Berdasarkan sektor, pertumbuhan PDB kuartal I ini didukung oleh peningkatan pertumbuhan pada sektor pertanian, pertambangan, industri, pengangkutan, keuangan, dan jasa. "Sektor transportasi dan komunikasi tetap tumbuh tertinggi, yaitu 13,8 persen," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com