Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terimbas Regional, Rupiah Ikut Melemah

Kompas.com - 08/06/2011, 10:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai mata uang rupiah terhadap dollar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Rabu pagi, bergerak melemah sembilan poin seiring dengan pelemahan mata uang Asia lainnya.

Kurs rupiah terhadap dollar AS melemah sembilan poin menjadi Rp 8.520 dibandingkan posisi terakhir sebelumnya Rp 8.511.

Analis pasar uang dari Harvest International Futures, Tony Mariano, di  Jakarta, mengatakan, pelemahan rupiah pada Rabu pagi ini masih dalam posisi yang wajar dan dalam kisaran yang sempit. "Setelah mengalami penguatan lalu terjadi koreksi hal itu wajar, beberapa pelaku pasar uang mengambil posisi profit taking," kata dia.

Meski demikian, ia meyakini, nilai tukar rupiah terhadap mata uang dollar AS masih mempunyai tedensi penguatan yang lebar seiring dengan melambatnya pertumbuhan ekonomi di AS. "Dengan melambatnya perekonomian AS maka dapat memicu investor datang ke Asia termasuk Indonesia yang memiliki fundamental ekonomi bagus," kata dia.

Ia menambahkan, kebijakan pembelian obligasi pemerintah AS kuartal kedua senilai 600 miliar dollar AS pada Juni ini menambah data-data ekonomi negatif untuk AS dalam melakukan pertumbuhan.

Kondisi itu, lanjut dia, ditambah dengan memburuknya harga energi (bahan bakar) yang meningkat sehingga membuat konsumen cenderung kehilangan daya beli.

Ia mengatakan, salah satu indikator utama melambatnya data ekonomi AS yakni angka pengangguran yang naik di bulan Mei dibanding bulan sebelumnya. "Naiknya tingkat pengangguran di AS dari sembilan persen pada bulan April menjadi 9,1 persen pada bulan Mei menjadi katalis melambatnya pertumbuhan ekonomi AS," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com