Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PERBANKAN

Ribuan Bankir Belum Uji Kompetensi

Kompas.com - 10/06/2011, 09:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - - Ikatan Bankir Indonesia siap menyelenggarakan uji kompetensi bagi anggotanya mulai 11 Juni 2011. Saat ini, ada ribuan bankir di Indonesia pada posisi empat level di bawah direksi yang belum menjalani uji kompetensi, khususnya di bidang manajemen risiko.

Untuk keperluan tersebut, Banker Association for Risk Management (BARa) menyerahkan Modul Uji Kompetensi Profesi Bankir di bidang Manajemen Risiko level 1-5 kepada IBI. Penyerahan modul pada Kamis (9/6/2011) di Jakarta juga dihadiri Sigit Pramono dari Perhimpunan Bank-bank Umum Nasional (Perbanas), Winny Erwindia dari Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda), dan Iqbal Latanro dari Himpunan Bank- bank Milik Negara (Himbara).

Setiap bankir akan diuji sesuai posisinya sehingga memenuhi Peraturan Bank Indonesia tentang Sertifikasi Manajemen Risiko bagi Pengurus dan Pejabat Bank Umum. Diperkirakan, 1.000-1.300 bankir akan diuji pada bulan Juni ini.

Disinggung mengenai banyaknya kasus kejahatan perbankan yang mencuat akhir-akhir ini, Sentot menyatakan, modul tersebut sudah disusun selama tiga tahun terakhir. ”Bukan karena kasus yang muncul akhir-akhir ini,” ujarnya.(IDR)

 

Lebih Lengkap Baca KOMPAS

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com