Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinar Mas: Di WEF untuk Cari "Jodoh"

Kompas.com - 14/06/2011, 11:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Managing Director Sinar Mas Group, Gandhi Sulistyanto, menyebutkan keanggotaan perusahaan dalam World Economic Forum memberikan manfaat yang luar biasa. Bahkan momen World Economic Forum on East Asia 2011 dapat digunakan untuk memperluas jaringan dan melalukan dialog antar pengusaha dan pemerintah.

 "Saya sudah berkali-kali katakan bahwa tujuan pada keikutsertaan kami ada empat. Yaitu yang pertama, kita adalah untuk mencari networking, atau kenalan gitu. Jadi untuk mencari jodoh, dalam arti business to business," ungkap Gandhi, dalam daily press briefing World Economic Forum on East Asia (WEF EA) 2011 , di Jakarta, Senin ( 13/6/2011 ).

Selain itu, lanjut Gandhi, Sinar Mas pun mencari ide-ide dari perusahaan asing yang sudah dikenal secara global, untuk diserap dan diterapkan di Indonesia. "Lalu, tentu saja, partnetship kalau memang ada yang cocok dan jodoh. Kita ingin berpasangan secara bisnis dengan mereka," tambahnya.

Hal yang paling penting, ia menuturkan, para delegasi dapat melakukan dialog, baik komunikasi business to business, business to people, dan business to goverment. "Saya rasa dengan pertemuan dan dialog atau physical contact itu penting, karena beliau-beliau (para pemimpin perusahaan) dapat mengetahui langsung persoalan yang ada di kami dan di Indonesia pada umumnya," sebutnya.

Secara khusus, Gandhi menyebutkan perusahaan banyak belajar. Salah satunya mempelajari corporate shared value (CSV), yang berbeda dengan corporate social responsibility (CSR).

"Kalau dulu kita banyak dituntut melakukan CSR-CSR. Tetapi kali ini kami mengetahui lebih konrit CSR itu lebih bermanfatkan kalau itu ditransformasikan menjadi CSV. Langsung valuenya kepada shareholder bagaimana," tambahnya.

Ia pun menuturkan semua ini didapatkan dalam konteks Sinar Mas menjadi salah satu dari 16 anggota WEF. Oleh karena itu, ia pun menghimbau kepada para pengusaha lain untuk mendaftarkan diri dalam keanggota WEF ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com