Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Menanti Kabar Baik

Kompas.com - 20/06/2011, 08:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Faktor global diperkirakan masih menyetir arah Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pekan ini. Seperti, data ekonomi Amerika Serikat (AS) tentang perumahan yang segera dirilis dan penyelesaian utang Yunani.

Edwin Sebayang, Kepala Riset Bhakti Securities, memperkirakan, IHSG masih dibayangi pelemahan. "Menurut ekspektasi pasar, data ekonomi AS akan mengalami penurunan cukup signifikan secara bulanan," kata dia.

Selain itu, selama masalah utang Yunani belum jelas, IHSG masih akan turun. Edwin memproyeksikan rentang pergerakan IHSG hari ini (20/6/2011) antara 3.658 - 3.750.

Analis Samuel Sekuritas Muhammad Alfatih optimistis IHSG mencoba rebound. Kerjasama Kanselir Jerman dengan bank sentral Eropa untuk menyelesaikan utang Yunani diperkirakan mendorong bursa Eropa berbalik positif. Secara teknikal, IHSG juga sudah di level support.

Proyeksi Alfatih, IHSG hari ini dalam kisaran 3.700 - 3.760. Jika rebound tidak menembus 3.810, diperkirakan penurunan bakal terus berlanjut.

Krisis Yunani juga menjadi penentu pergerakan rupiah pekan ini, yang masih rentan melemah. "Kemungkinan penguatan baru terjadi di pertengahan pekan setelah pertemuan Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE) dengan Dana Moneter Internasional (IMF)," kata Fauzi Ichsan, Ekonom Standard Chartered.

Prediksi Fauzi, rupiah diperdagangkan di rentang Rp 8.575-Rp 8.625 per dollar AS hari ini. "Bank Indonesia bisa saja intervensi, tapi kuncinya tetap di Yunani," tambah dia. (Adisti Dini Indreswari/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com