Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melemah, Rupiah Tembus Level 8.600

Kompas.com - 23/06/2011, 09:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kurs mata uang rupiah terhadap dollar AS pada perdagangan Kamis (23/6/2011) pagi bergerak melemah 17 poin ke level Rp 8.604 dibanding posisi terakhir sebelumnya Rp 8.587.      Analis valas Samuel Sekuritas Lana Soelistianingsih di Jakarta, Kamis mengatakan, kebijakan bank sentral AS mempertahankan suku bunganya untuk waktu yang lama membuat nilai tukar dollar AS menguat terhadap euro dan yen. "Hal tersebut membuat rupiah berpotensi melemah pada hari ini," katanya.

Ia menambahkan, bank sentral AS akan mempertahankan kebijakan suku bunga rendah sebagaimana saat ini sebesar 0 persen hingga 0,25 persen setidaknya pada 2-3 kali pertemuan mendatang.

Bank sentral AS, lanjut dia, juga masih akan mempertahankan posisi neracanya dan belum akan menjual kembali surat utang pemerintah (kontraksi moneter). "Keputusan ini membuat mata uang dolar AS menguat terhadap mata uang kuat dunia," ujarnya.

Sementara, analis valuta asing Farial Anwar mengatakan, data ekonomi AS yang dianggap masih kurang baik laporannya seperti masih terjadinya peningkatan angka pengangguran serta penjualan sektor properti yang mengalami penurunan hingga 30 persen menandakan perekonomian AS masih berjalan lambat.

Selain itu, mata uang dollar AS saat ini mengalami penguatan relatif terbatas dan periode penguatan dollar AS sudah optimal. "Krisis yang terjadi di Eropa serta negara Amerika Serikat (AS) ditambah dengan Jepang yang juga masih dalam tahap pemulihan membuat investor melarikan dananya pada emerging market," katanya.      Ia mengatakan, pelemahan mata uang rupiah hanya bersifat sementara, ke depan diprediksi rupiah masih akan terus menguat kendati penguatannya masih dijaga oleh Bank Indonesia di level Rp 8.500.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com