Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makroekonomi Indonesia Stabil dan Positif

Kompas.com - 06/07/2011, 13:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kondisi makroekonomi Indonesia berada dalam keadaan yang positif dan stabil. Hal ini didukung oleh penguatan rupiah dan juga Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Hal ini diungkapkan Wakil Menteri Keuangan Anny Ratnawati dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR terkait perubahan APBN di Jakarta, Rabu (6/7/2011).

"Ini didukung oleh apresiasi rupiah yang pada hari-hari ini sudah mendekati angka Rp 8500 dan juga Indeks Harga Saham Gabungan yang juga berpotensi mendekati harga Rp 4000, yang ini mungkin akan mencetak rekor baru," ujar Anny.

Sementara itu, kata dia, cadangan devisa pada Mei 2011 ini mencapai 118,11 miliar dollar AS, meningkat dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu, hanya berkisar di angka 75 dollar AS.

Kondisi positif berlaku juga untuk beli saham dan surat utang negara. Ini menunjukkan Indonesia tetap menjadi target investor untuk berinvestasi.

Konsumsi pun menunjukkan keadaan yang stabil, khususnya pada Mei ini. "Dan, ini juga ditunjukkan pada pertumbuhan PPN akumulatif yang cenderung naik dari waktu ke waktu, termasuk juga penjualan motor, mobil, dan konsumsi listrik," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com