Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ASEAN Pilih Jepang Sebagai Mitra

Kompas.com - 11/07/2011, 17:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Negara-negara ASEAN sepakat untuk berkembang bersama menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dunia. Untuk mewujudkannya, ASEAN memilih Jepang sebagai negara mitra strategis. Meski perekonomian Jepang tengah bangkit pascagempa dan tsunami, Negeri Sakura tersebut berkomitmen memacu pertumbuhan ekonomi ASEAN.

Demikian hasil pertemuan para menteri ekonomi ASEAN dan Jepang, yang digelar di Kuala Lumpur pekan lalu. Jepang dengan dipimpin Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri membawa 70 pengusaha.

"Mereka ingin menegaskan komitmennya pada ASEAN tidak berkurang meski perekonomian mereka sedang bangkit," kata Menteri Perdagangan, Mari Elka Pangestu, di Jakarta, Senin (11/7).

Menurut dia, dalam pertemuan tersebut dibahas tiga masalah penting agar ASEAN bisa berkembang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dunia. Pertama, percepatan pembangunan infrastruktur baik yang bersifat keras maupun lunak, seperti fasilitas fisik dan jaringan broadband. Kedua, penghapusan hambatan nontarif serta penyetaraan standar, baik barang maupun jasa. Ketiga, pengurangan emisi gas buang dan penerapan konsep reuse, reduce, dan recycle.

Mari mengatakan, peranan Jepang bagi perekonomian ASEAN sangat besar. "Kami tetap memandang Jepang sebagai mitra strategis di tengah tumbuhnya peran China dan India. Dalam dialog tersebut jelas dirasakan adanya semangat bersama, untuk menyongsong pusat pertumbuhan ekonomi baru di kawasan Asia," paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com