Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dow Jones Terpukul Krisis Zona Euro

Kompas.com - 12/07/2011, 05:17 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Saham Amerika Serikat anjlok pada Senin waktu setempat karena kekhawatiran pasar terhadap memburuknya krisis utang Eropa sehingga menambah kelesuan pasar yang sudah terpukul keras pada Jumat oleh data ekonomi AS yang suram. Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup turun 151,44 poin (1,20 persen) menjadi 12.505,76.

S&P 500 menyusut 24,31 poin (1,81 persen) menjadi berakhir di 1.319,49, sedangkan indeks komposit Nasdaq turun 57,19 poin (2,00 persen) menjadi 2.802,62. Hal itu menyusul penurunan tajam di pasar Eropa karena para pemimpin politik dan bankir dalam pembicaraan utang Yunani tetap tidak setuju tentang bagaimana mencegah default (gagal bayar) sekaligus oleh Athena, dan karena kekhawatiran juga telah menyebar ke Italia yang berutang banyak.

Pengumuman pada Jumat bahwa ekonomi AS telah menghasilkan hampir tidak ada pekerjaan baru pada Juni, dan bahwa tingkat pengangguran naik menjadi 9,2 persen, juga terus membebani sentimen investor. Semua 30 saham blue chip Dow berada di merah, dan bank-bank besar terpukul keras, yaitu Bank of America kehilangan 3,3 persen, JPMorgan Chase turun 3,2 persen, dan Citigroup jatuh 5,3 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com