Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Impor Beras RI Kerek Harga Beras ke Level Tertinggi

Kompas.com - 14/07/2011, 12:18 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Harga beras menanjak ke harga tertingginya sejak 2008 akibat kekhawatiran naiknya harga beli beras dari petani di Thailand, bakal membuat biaya ekspor akan meningkat seiring permintaan impor yang terus tumbuh.

Harga pengiriman beras untuk September 2011 naik 2,3 persen ke level 17,07 dollar AS per 100 pounds. Angka ini merupakan harga rekor sejak Oktober 2008, ketika dunia sedang mengalami krisis global. Harga beras berada di posisi 16,825 dollar AS per 100 pounds pada pukul 11:26 waktu setempat.

Janji kenaikan harga beli beras ke petani datang dari pemimpin baru Thailand Yingluck Shinawatra yang menang dalam pemilu 3 Juli lalu. "Janji kampanye itu akan membuat harga beras meningkat," ujar Nirgunan Tiruchelvam analis Standard Chartered Bank di Singapura.

Permintaan impor yang kian meningkat termasuk dari Indonesia dan produksi gandum yang terancam turun di AS juga ikut menekan harga beras.

Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu bilang, Indonesia berencana mengimpor beras untuk mengamankan stok hingga mencapai 2 juta ton dari persediaan yang masih ada sebanyak 15 juta ton.

Pemerintah Thailand berencana meningkatkan harga beli beras dari petani sebesar 15.000 baht atau 498 dollar AS per ton atau 50 persen di atas harga beli sebelumnya. Harga baru ini akan mulai berlaku pada panen di November mendatang. (Rizki Caturini/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com