Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beri Akses Pasar bagi Peternak Kecil

Kompas.com - 18/07/2011, 17:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah perlu memberi akses langsung ke pasar kepada peternak ayam kecil yang produksinya di bawah 5.000 ekor atau 3.000 ekor. Hal ini diperlukan terkait dengan jumlah produksi yang kecil.

 

"Kalau yang kecil-kecil kami jual ke broker dan pedagang perantara. Mereka juga akan kehabisan napas," ujar Tri Hardiyanto, Ketua Umum Gabungan Organisasi Peternak Ayam Nasional, di Bogor, Senin (18/7/2011).

 

Fasilitas yang saat ini telah diupayakan dan dijalankan oleh pemerintah adalah penyediaan Rumah Potong Ayam (RPA) Terpadu, seperti halnya yang telah tersedia di Kabupaten Bogor dan Kota Bogor bagi peternak kecil.

 

"Bahkan pemerintah sudah menyiapkan lengkap dengan perizinannya. Tinggal para peternak yang kecil mengakses ke RPA-RPA tersebut, sehingga dia juga bisa mengakses ke pasar," tambah Tri.

 

Sementara peternak besar tidak perlu dikuatirkan lagi, karena sudah mampu membuat RPA sendiri. Bahkan dari RPA tersebut, peternak besar sudah dapat melakukan ekspor.

"Jadi, mungkin tinggal menggalakkan saja bagaimana kita bisa ekspor seperti di Thailand. Meskipun terkena avian influenza tetap bisa ekspor dalam keadaan matang atau sudah diolah," ujar Tri.

 

Terkait revitalisasi RPA, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Gunaryo, menyatakan, revitalisasi RPA memerlukan komitmen dari pemerintah kabupaten dan kota.

"Barangkali kami selama ini lebih berorientasi kepada pasar-pasar umumnya. Ke depan, kami juga akan coba (tingkatkan revitalisasi RPA). Karena tanpa komitmen tersebut, atau niat hanya dari pusat saja, maka revitalisasi tidak berjalan optimal," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com