Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag: Yang Penting Barang Ada

Kompas.com - 26/07/2011, 15:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah akan terus melakukan pemantauan terhadap harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok untuk mengantisipasi lonjakan harga kebutuhan pokok.

"(Hal) yang perlu kami pantau dan kami lakukan sebagai pemerintah (yaitu) menjaga tidak ada lonjakan yang melebihi tren yang terjadi secara musiman," ucap Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu seusai menghadiri rapat koordinasi pangan Feed Indonesia Feed the World II di Hotel Nikko, Jakarta, Selasa (26/7/2011).

Selain itu, Mari menuturkan, pemerintah akan melihat penyebab dari lonjakan harga bahan kebutuhan pokok yang terjadi di luar tren untuk kemudian ditangani langsung.

Mendag pun percaya konsumen telah melakukan penyimpanan barang atau stok untuk memenuhi kebutuhan Lebaran.

"Jadi, setiap produk kami harus perhatikan barangnya. Tidak bisa secara umum mengatakan ini terjadi. Pemerintah punya komitmen untuk menjaga segala hal, tetapi yang paling penting dan paling pokok barangnya tersedia," kata Mari.

Mendag menambahkan, lonjakan permintaan barang kebutuhan pokok biasanya terjadi sebesar 20-30 persen pada masa Lebaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com