Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Rumput Laut Kembali Naik

Kompas.com - 04/08/2011, 15:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Permintaan komoditas rumput laut basah di sejumlah pedagang pasar tradisional Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung mengalami kenaikan saat bulan suci Ramadhan.

Harga rumput laut mengalami kenaikan rata-rata Rp 2.000 per kilogram karena sebelumnya Rp 12.000 menjadi Rp 14.000 per kilogram untuk rumput laut kualitas bagus di tingkat pedagang pasar tradisional tersebut.

Demikian rilis harga yang dikeluarkan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi, Kamis (4/8/2011).

Potensi lahan budi daya rumput laut di Lampung Selatan mencapai 30.000 hektare dengan kapasitas produksi 300.000 ton pertahun namun luas yang sudah dimanfaatkan hanya 3.000 hektare atau hanya sekitar 30 persen dengan produksi 790 ton per tahun.

Sementara itu adanya cuaca buruk seperti angin kencang yang berhembus di pesisir pantai selatan Bali, menggangu aktivitas produksi rumput laut petani di Desa Kutuh hingga menurun mencapai 40-50 persen (sekitar 20 ton).

Harga rumput laut berada pada level harga Rp 10.500 per kilogram kering turun dari harga Rp 12.500 per kilogram. Penurunan harga dipengaruhi kualitas rumput laut yang kurang maksimal akibat pengaruh cuaca.  

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com