Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumur di Kutai Lama Dihidupkan Lagi

Kompas.com - 22/08/2011, 15:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina EP Unit Bisnis EP (UBEP) Sangasanga Tarakan menghidupkan lagi struktur South Kutai Lama (SKL) dengan mereaktivasi sumur SKL-176 di Anggana, Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur pada Agustus 2011.

Demikian disampaikan Manajer Humas Pertamina EP, Agus Amperianto, Senin (22/8/2011), di Jakarta.

Hasil uji produksi awal pada sumur itu menunjukkan laju produksi 150 barel minyak per hari (BOPD). "Hal ini menambah optimisme kami dalam mempercepat pelaksanaan reaktivasi sumur-sumur suspended yang sudah diprogramkan di UBEP Sangasanga Tarakan," ujarnya.

Menurut Agus, UBEP Sangasanga Tarakan telah menyiapkan 10 sumur di struktur South Kutai Lama sebagai kandidat untuk diaktifkan kembali lengkap dengan fasilitas produksinya.

Struktur South Kutai Lama pertama kali ditemukan oleh BPM pada tahun 1902 dan telah dilakukan pemboran sebanyak 45 sumur pada struktur tersebut. Selanjutnya, struktur South Kutai Lama ditinggalkan sementara sejak 1981.

Selain struktur South Kutai Lama, Pertamina EP UBEP Sangasanga Tarakan juga telah melakukan reaktivasi di struktur Jembatan Bengkok di Samboja, dan struktur Mengatal di Tarakan.

Jadi, seluruh struktur yang jumlahnya mencapai 13 struktur di wilayah kerja UBEP Sangasanga Tarakan semuanya berstatus aktif. UBEP Sangasanga dan Tarakan merupakan salah satu unit bisnis yang berhasil melampaui target pada semester pertama tahun 2011.

Pada pertengahan tahun 2011, UBEP Sangasanga Tarakan berhasil mencapai 7.133 BOPD atau sekitar 114,7 persen di atas target. Kini, pada Agustus 2011 produksi UBEP Sangasanga Tarakan terus mengalami peningkatan menjadi 7.243 BOPD atau sekitar 117,2 persen di atas target.

UBEP Sangasanga dan Tarakan adalah unit bisnis Pertamina EP yang bertugas mengelola wilayah kerja Sangasanga dan Tarakan. Wilayah yang dikelola terdiri dari area Sangasanga seluas 5.325,5 Hektar, area Anggana/NKL 6.181,1 Ha, dan area Samboja 1.840 Ha.

Lapangan Sangasanga Tarakan sebelumnya dikelola oleh Technical Assistance Contract (TAC) Pertamina-Medco Kalimantan. Alih kelola lapangan Sangasanga Tarakan dilakukan Pertamina EP seiring dengan berakhirnya kontrak TAC Pertamina-Medco Kalimantan pada 14 Oktober 2008 lalu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com