Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatta Telah Bahas Listrik dengan Pengusaha

Kompas.com - 23/08/2011, 14:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengaku telah berdiskusi dengan para pengusaha terkait dengan rencana kenaikan tarif dasar listrik sebesar 10 persen pada April tahun 2012. "Saya sudah berbicara kemarin dengan Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia). Kita duduk-duduk dengan pengusaha semua. Pada dasarnya industri kita memahami itu, tapi semuanya itu harus kita ajak bicara," ujar Hatta di Jakarta, Selasa (23/8/2011).

Menurut Hatta, semua pihak yang terkait, baik pengusaha maupun anggota DPR, perlu diajak bicara. Sebab, menurut dia, rencana kenaikan tarif listrik sebesar 10 persen itu hanya rata-rata, belum diketahui pastinya seperti apa. "Kita juga tidak ingin memukul industri kita, tapi juga tidak ingin PLN tidak bisa berkembang karena masih banyak yang belum terlistriki di Tanah Air," ungkapnya.

Jadi, lanjutnya, harus ada titik temu yang menguntungkan bagi semua pihak. "Dan, semua itu harus melalui suatu proses, tidak bisa gebyah uyah. Naikkan ini, naikkan ini, karena kita punya keterbatasan anggaran. Nggak bisa. Ekonomi itu bicaranya (harus) dari A sampai Z," katanya.

Seperti diberitakan, pemerintah berencana menaikkan tarif dasar listrik sebesar 10 persen pada April tahun depan. Kebijakan ini ditempuh untuk mengurangi anggaran subsidi listrik dari Rp 65,6 triliun pada APBN Perubahan 2011 menjadi Rp 45 triliun pada RAPBN 2012. Kenaikan ini rencananya berlaku pada pelanggan rumah tangga dengan golongan 450 VA ke atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com