Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Kembali Dibuka Menguat

Kompas.com - 25/08/2011, 09:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat pada perdagangan Kamis (25/8/2011). Indeks dibuka menguat 29 poin ke level 3.876,66.

Pada sesi pre-opening, IHSG telah berada di posisi 3,876,49 atau menguat 20 poin (0,53 persen) dari waktu penutupan sehari sebelumnya di level 3.847,02. Memasuki lima menit perdagangan, IHSG semakit menguat. Indeks berada di level 3.883,28 atau menguat 36 poin (0,94 persen). Indeks diperdagangkan di range 3.847,39-3.885,03.

Indeks memeroleh angin segar dari penguatan bursa-bursa global dan regional pagi ini. Di Asia, kecuali Bursa Malaysia, seluruhnya mengalami penguatan. Mengacu pada perdagangan sebelumnya, IHSG juga dibuka menguat bahkan kembali mene mbus level 3.900 sebelum kemudian turun lagi dan ditutup melemah di akhir perdagangan.

Kemarin sentimen negatif datang dari penurunan level utang jangka panjang Jepang dan memudarnya spekulasi atas kebijakan keuangan baru di Negeri Paman Sam.

Pagi ini, rilis indikator ekonomi AS yang lebih bagus dari perkiraan, berhasil menopang pergerakan bursa Wall Street. Saham-saham perbankan juga melesat setelah investor kembali masuk pasca penurunan yang tajam. AS melaporkan pesanan barang tahan lama (durable goods), juga harga rumah melebihi prediksi pasar.

Durable goods pada Juli lalu naik dua kali lipat dari yang diprediksi ekonom. Angka ekonomi ini sangat kontras dengan data klaim pengangguran, kepercayaan konsumen, dan manufaktur yang dirilis sebelumnya di bulan ini. Akibatnya, pasar mempersepsi, AS sepertinya siap menghadapi resesi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com