Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Utamakan Dana Domestik

Kompas.com - 25/08/2011, 14:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Agus Martowardojo menyatakan , pemerintah akan mengutamakan pembiayaan dari dana domestik. Ini akan dilakukan sekalipun Surat Utang Negara (SUN) Indonesia diminati asing.

"Kita juga membicarakan tentang pengelolaan pinjaman luar negeri yang lebih sehat. Kita memang punya prioritas penggunaan dana itu lebih kepada dana domestik kalau ada pembiayaan. Tapi kita juga memahami surat utang kita banyak peminat," ujar Agus, usai menghadiri rapat koordinasi di Bank Indonesia, Jakarta, Kamis (25/8/2011).

Ia mengemukakan, SUN sebagai salah satu instrumen pemerintah mendapatkan dana banyak dimiliki asing dengan porsi yang cukup besar yaitu di atas 30 persen. "Sehingga kita perlu pengelolaan ini dengan lebih seksama," tambah Agus.

Ia pun menambahkan, pemerintah akan lebih hati-hati dalam memperhatikan perekonomian nasional. "Kita memperhatikan di industri keuangan, di industri pasar modal, ataupun hal-hal yang sifatnya menjaga kehati-hatian," ungkap dia.

Hal serupa juga dikemukakan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Radjasa, ia menyebutkan, "Memang, waktu rapat kabinet kan sudah dikatakan kita akan mengurangi pinjaman-pinjaman, dan lebih banyak akan menggunakan pembiayaan dalam negeri."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com