Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Turun 2 Poin Saja

Kompas.com - 25/08/2011, 16:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia ketinggalan penguatan bursa lain di Asia pada perdagangan Kamis (25/8/2011).

Indeks lemah tipis 2 poin.  Pada awal perdagangan hingga sesi pertama selesai, indeks menguat. Kemudian aksi ambil untung pada saham unggulan membuat indeks pun melemah.

Di akhir perdagangan, IHSG melemah tipis  2,643 poin atau 0,07 persen  ke level 3.844,377. Sementara Indeks LQ 45 juga ditutup turun tipis 1,962 poin  atau 0,29 persen ke level 676,403. Investor asing kembali tercatat melakukan penjualan bersih (foreign net sell) senilai Rp 317,957 miliar.  

Pasar saham Asia ditutup menguat hari ini. Tetapi tetap saja para investor waspada menjelang pertemuan tahunan di Jackson Hole Jumat besok. Diharapkan Gubernur Bank Sentral AS Ben Bernanke mengatakan langkah bank sentral dalam melawan perlemahan pertumbuhan ekonomi AS.  

Indeks Nikkei naik 1,5 persen. Sydney naik 0,98 persen, Hongkong naik 1,07 persen dan Taiwan turun 1,23 persen. Penurunan di Taiwan antara lain karena merosotnya harga saham perusahaan pemasok Apple. CEO Apple Steve Jobs menyatakan mundur dari jabatannya.

Sementara pasar saham Eropa juga dibuka menguat, melanjutkan penguatan yang sudah tercapai selama empat hari berturut-turut.   "Jika tidak ada pengumuman mengenai stimulus pada pidato Bernanke besok, pasar akan bereaksi negatif," ujar Jonathan Sudria analis dari London Capital Group. 

"Saya yakin dia akan mengatakan soal kemungkinan pelonggaran moneter, tetapi saya tidak yakin dia akan mengindikasikan akan dilakukan lagi QE3," ujar  Hideyuki Ishiguro, analis pada Okasan Securities.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com