Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank of America Lego Saham di China Bank

Kompas.com - 30/08/2011, 09:59 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Bank of America Corp mengumumkan penjualan setengah dari saham mereka di China Construction Bank Corp. Tujuannya, menaikkan kas untuk menyehatkan kembali perbankan mereka.

Bank dengan aset terbesar di Amerika itu, sebagaimana dikutip dari kantor berita Asscociated Press, Selasa (30/8/2011), mengumumkan akan menjual 13,1 miliar lembar saham senilai 8,3 miliar dollar AS kepada sebuah investor grup yang menolak dipublikasikan namanya. Rencana penjualan yang diumumkan pada Senin (29/8/2011) waktu New York itu hanya beberapa hari setelah Bank of America meraup investasi senilai 5 miliar dollar AS dari investor terbesar di dunia, Warren Buffett.

Setelah aksi dari Buffett, saham Bank of America langsung naik 40 sen, atau 5,2 persen ke harga 8,16 dollar AS.

Selasa pekan lalu, harga saham Bank of America masih ditutup di harga 6,30 dollar AS. Setelah penjualan itu, Bank of America masih mempunyai 5 persen saham di China Construction Bank meski sebelumnya mempunyai 10 persen saham.

Penjualan ini merupakan langkah terakhir untuk meningkatkan permodalan supaya dapat memenuhi regulasi internasional di tengah melambatnya perekonomian dunia. Aturan itu memang mensyaratkan institusi finansial untuk memegang lebih banyak uang kas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com