Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amerika Tertolong Hobi Belanja

Kompas.com - 30/08/2011, 11:38 WIB

PENNSYLVANIA, KOMPAS.com — Perekonomian Amerika Serikat tertolong oleh kenaikan belanja rumah tangga mereka yang dilaporkan mencapai peningkatan tertinggi dalam lima bulan terakhir. Ini merupakan sinyal lanjutan yang menunjukkan bahwa perekonomian negara tersebut tidak akan terjatuh dalam jurang resesi meskipun aktivitas sektor manufaktur di Texas agak macet bulan ini.

Demikian dilaporkan Reuters dari Pennsylvania, Selasa (30/8/2011). Dalam laporan tersebut diketahui bahwa konsumsi rumah tangga Amerika Serikat meningkat 0,8 persen menyusul kuatnya permintaan atas motor asal Jepang.

Demikian dilaporkan Departemen Perdagangan pada sehari sebelumnya. Kenaikan permintaan pada Juli 2011 ini terjadi setelah sebelumnya, pada Juni 2011, konsumsi rumah tangga di Amerika sempat turun 0,1 persen. Konsumsi rumah tangga menyumbang 70 persen terhadap pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat.

"Situasi ini menjauhkan sedikit dari anggapan bahwa perekonomian kami tengah menghadapi resesi. Data ini (konsumsi rumah tangga) tidak mendukung anggapan itu (bahwa perekonomian Amerika akan resesi)," ujar Kepala Ekonom Naroff Economic Advisor di Holland Pennsylvania, Joel Naroff.

Risiko terhadap resesi baru sempat mengemuka bulan ini setelah harga saham turun dan sentimen positif konsumen terkikis. Hal itu muncul setelah Bank Sentral Dallas mengindikasikan produktivitas industri di Texas mendekati terhenti bulan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com