Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saham Asia Terdongkrak

Kompas.com - 30/08/2011, 12:44 WIB

BANGKOK, KOMPAS.com- Kenaikan konsumsi rumah tangga di Amerika Serikat ikut mendongkak harga saham di bursa-bursa Asia. Indeks juga dibuka bergairah setelah dua bank menuntaskan tahap akhir proses penggabungan mereka di Yunani dalam rangka menekan masalah utang di negara tersebut.

Kantor berita Associated Press di Bangkok, Thailand, Selasa (30/8/2011), melaporkan, indeks Nikkei 225 di Jepang meningkat 1,2 persen ke level 8.956. Begitu juga indeks Hang Seng di Hong Kong naik 2,1 percent ke posisi 20.274,20 dan indeks Kospi Korea Selatan lebih tinggi satu persen menjadi 1.847, serta indeks ASX 200 Australia mengembang 0,7 percsen ke posisi 4.292,8.

Kabar baik didorong antara lain oleh kenaikan harga saham di Eropa yang terkerek oleh finalisasi merger dua bank kedua dan ketiga terbesar di Yunani. Proses merger ini sudah mendapatkan persetujuan dari pemerintah Yunani dan bank sentralnya.

Dampaknya, saham-saham perbankan di Asia terkena udara segar dari Yunani itu. Saham kelompok Lembaga Keuangan Mitsubishi UFJ meningkat 3,3 persen ketika pada saat yang sama saham Bank of China Ltd juga terdongkrak 3,2 persen.

Sementara itu, saham Bank China untuk Konstruksi pun menikmati kenaikan harga 4,3 persen. Itu terjadi sehari setelah saham Bank of America Corp meningkat 8,1 persen.

Zona hijau pada saham-saham di Amerika Serikat juga disebabkan oleh perhitungan awal atas dampak kerugian Badai Tropis Irene yang ternyata lebih rendah dibandingkan perkiraan awal. Laporan akibat badai itu juga menolong saham-saham perusahaan asuransi di Amerika Serikat untuk melonjak tajam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com