Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inflasi Agustus Masih Dalam Ekspektasi

Kompas.com - 06/09/2011, 14:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tingkat inflasi (CPI/consumer Price Index) bulan Agustus masih dalam ekspektasi. Tingkat inflasi utama bulan Agustus naik dari 4,61 persen bulan sebelumnya menjadi 4,79 persen tahun-ke-tahun (year on year) atau 0,93 persen bulan ke bulan (month on month).

Citi Indonesia dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (6/9/2011) menyebutkan, dari perkembangan angka inflasi ini yang lebih menarik yakni peningkatan yang dramatis dalam inflasi inti (core inflation) yang naik dari 4,55 persen menjadi 5,15 persen.

Kenaikan didorong beberapa faktor kunci namun yang pasti terjadi permintaan yang meningkat yang membuat inflasi inti naik. Permintaan ini terlihat dari wholesale price index (WPI) yang naik tajam. Meski demikian belum terlalu membahayakan.

Tingkat inflasi WPI bulan Agustus naik tipis dari 4.8 persen menjadi 4,9 persen. Dari perkembangan inflasi ini, Citi Indonesia tetap yakin pada perkiraannya bahwa inflasi tahun 2011 (YE 2011) akan berkisar 5 persen dan Inflasi tahun 2012 (YE 12) sekitar 6,2 persen.

Pihak Citi Indonesia tetap pada ramalannya karena tidak yakin kenaikan inflasi initi yang ada ini bisa menimbulkan momentum baru yang akan mendorong inflasi.

Citi Indonesia juga yakin BI- Rate akan tetap dipertahan kan pada level saat ini 6,75 persen. Dewan Gubernus BI baru akan bertemu lagi pada 8 September antara lain membahas BI Rate dan inflasi. BI sejauh ini tetap memakai patokan inflasi inti 5 persen dalam kebijakan BI Rate.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com