Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Inflasi Masih Terkendali

Kompas.com - 08/09/2011, 15:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada tanggal 8 September 2011 menilai inflasi masih terkendali. Penilaian ini didasarkan pada data inflasi IHK (Indeks Harga Konsumen) pada bulan Agustus 2011 yang tercatat sebesar 0,93 persen (month to month) atau 4,79 persen (year on year).

Kepala Biro Humas Bank Indonesia, Difi A Johansyah, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (8/9/2011) siang, menyatakan, melihat perkembangan ke depan, inflasi IHK hingga akhir tahun 2011 diperkirakan akan lebih rendah dari perkiraan sebelumnya.

"Adapun tekanan inflasi pada bulan Agustus berasal dari inflasi inti yang terkait dengan harga komoditas global, terutama emas, yang mengalami peningkatan, serta harga komoditas yang meningkat sejalan dengan faktor musiman, seperti biaya pendidikan dan angkutan udara," ungkap Difi.

Sementara itu, inflasi volatile foods relatif terkendali di tengah meningkatnya permintaan seiring dengan hari raya Idul Fitri. Hal ini didukung oleh pasokan bahan makanan yang terjaga dengan baik. Di sisi lain, inflasi kelompok administered prices tercatat minimal karena tidak adanya kebijakan harga Pemerintah untuk komoditas strategis.

Ke depannya, BI memperkirakan, inflasi kelompok volatile foods dan administered prices hingga akhir tahun 2011 cenderung lebih rendah, masing-masing karena perbaikan pasokan yang ditunjang oleh impor dan kecenderungan harga minyak dunia yang menurun. Berbagai kecenderungan pada kelompok volatile foods dan administered prices tersebut diperkirakan dapat meredam tekanan inflasi IHK secara keseluruhan tahun 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com