Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

India Lepas Stok Beras 2 Juta Ton

Kompas.com - 09/09/2011, 12:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Di tengah minimnya pasokan di pasar global, India melepas stok beras sebanyak 2 juta ton. Pelepasan ini disambut oleh sejumlah negara karena akan mengerem peningkatan harga pangan global.

Keputusan ini dilakukan pemerintah kemarin setelah sebuah panel yang terdiri dari sejumlah menteri India mendiskusikan langkah tersebut.

Ekspor beras seperti diberitakan situs Oryza News, Jumat (9/9/2011), juga dilakukan di tengah tekanan sejumlah negara bagian di India agar pemerintah segera melepas stok ke pasar internasional karena mereka memiliki stok yang mencukupi.

Sebelumnya India selalu menahan ekspor beras karena khawatir stok akan menipis bila terjadi krisis pangan.

Dalam pertemuan panel menteri itu sempat muncul usulan untuk melepas stok hingga 5 juta ton. Namun, setelah mempertimbangkan beberapa hal, seperti kemungkinan ancaman kekeringan, harga beras di pasar global, dan juga stok di dalam negeri, akhirnya mereka menyepakati pelepasan sebanyak 2 juta ton.

Keputusan India ini sangat mengagetkan banyak pihak karena selama ini hampir seluruh negara mempertahankan stok karena khawatir akan terjadi krisis pangan global.

Thailand diperkirakan akan kerepotan dengan keputusan India. Pemerintah Thailand tengah berupaya mengatrol harga beras di tengah harapan petani setempat untuk mendapatkan harga yang lebih bagus. Langkah India diperkirakan akan mempersulit upaya Thailand untuk menolong petaninya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com