Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SBY: Eropa dan AS Harus Bisa Atasi Krisis Ekonomi

Kompas.com - 14/09/2011, 16:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyerukan agar Eropa dan Amerika Serikat bisa segera mengatasi persoalan perekonomian.

Yudhoyono khawatir, persoalan ekonomi itu dapat berimbas ke negara di seluruh dunia. Yudhoyono juga berharap, negara-negara yang tergabung dalam kelompok G20 dapat mengupayakan agar krisis ekonomi global tidak berulang.

Demikian disampaikan Presiden usai bertemu dengan Perdana Menteri Vietnam Nguyen Tan Dung, Rabu (13/9/2011), di Istana Merdeka. Selain membuat kesepakatan kerja sama, dalam pertemuan itu didiskusikan juga krisis politik di Afrika dan Timur Tengah, serta krisis ekonomi di Eropa dan Amerika Serikat.

"Indonesia berpendapat, Eropa dan AS harus bisa mengatasi persoalan perekonomiannya, agar dampaknya tidak dirasakan oleh bangsa-bangsa di seluruh dunia," kata Yudhoyono.

"Kita juga berharap, G20 bisa menemukan cara atau jalan yang paling baik untuk mencegah krisis ekonomi global yang berulang-ulang," lanjutnya.

Menurut Yudhoyono, jika krisis perekonomian global terus berulang, maka negara di dunia, termasuk Vietnam dan Indonesia, akan terimbas dampak negatifnya. "Kami bersepakat agar G20 bisa mengelola perekonomian dunia lebih baik lagi," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com