Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuh Waduk Utama Dalam Kondisi Waspada

Kompas.com - 14/09/2011, 16:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum melaporkan tujuh waduk utama dalam kondisi waspada. Yakni Waduk Keuliling (Aceh), Waduk Saguling, Cirata, Jatiluhur (Jawa Barat), Waduk Sermo (DI Yogyakarta), Lahor (Jawa Timur), dan Bili-Bili (Sulawesi Selatan).

Kementerian PU juga melaporkan, sebanyak 38 waduk dan 54 embung dalam kondisi normal, 14 waduk dan 13 embung waspada, sementara 8 waduk dan 10 embung dalam kondisi kering.

"Kondisi ini, sudah terpantau sejak bulan Juni-Juli. Saya sudah tanyakan ke pengelola waduk apakah ketersediaan air cukup untuk bulan September-Oktober? Nah, dijawab cukup," kata Dirjen Sumber Daya Air PU Moch Amron, Rabu (14/9/2011) dalam jumpa pers di Jakarta.

Amron mencoba menenangkan bahwa hujan akan segera turun. Panitia Irigasi di daerah juga segera bekerja untuk memastikan rencana tanam. Tujuannya supaya produksi pangan tetap terjaga, kata dia. Direncanakan, masa tanam akan berlangsung mulai bulan Oktober mendatang.

Saat ini di Indonesia, terdapat 284 bendungan besar di Indonesia, dengan total tampungan saat kondisi normal mencapai 12,4 miliar meter kubik. Sebanyak 257 bendungan diantaranya, dimiliki Kementerian PU dengan total tampungan dalam kondisi normal mencapai 6,1 miliar meter kubik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com