Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transaksi di Plasa.com Melonjak 500 Persen

Kompas.com - 15/09/2011, 16:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Chief Executive Officer PT Metranet, Iriana Muadz, menyampaikan, pertumbuhan transaksi penjualan melalui Plasa Trade Center mencapai 500 persen pada bulan Agustus, dari bulan yang sama tahun sebelumnya. Ada tiga hal yang bisa menjadi faktor pendukungnya.

"Saya kira memang juga kan marketnya makin lama makin paham, oh transaksi di online aman kok," ujar Iriana, di sela-sela pengenalan dua situs jual beli online, yaitu Plasa Ticket dan Plasa.com, di Jakarta, Kamis ( 15/9/2011 ).

Kedua, lanjut Iriana, penetrasi internet yang meningkat juga turut menjadi pendukung tumbuhnya transaksi tersebut. "Tadinya mungkin kalau pedagang-pedagang di trade center-trade center itu nggak terlalu banyak pakai internet, sekarang sudah banyak (yang pakai)," tambah dia.

Selain itu, faktor ketiga adalah semakin pesatnya penggunaan smartphone di Indonesia.Menurut dia, smart phone itu mempunyai fitur-fitur di mana masyarakat bisa dengan mudah mengakses internet. "Itu saya rasa tiga hal besar yang mempengaruhi peningkatan (transaksi) penjualan. Tentunya juga karena barang yang ditaruh sesuailah ya," tambah dia.

Terkait dengan ini, Iriana pun menambahkan, Plasa.com mempunyai Plasa.com Academy, yang bertujuan mendidik pedagang-pedagang yang belum paham berjualan secara online. "Ini dibantu dengan Telkom ya. Jadi kita menggalang mereka (untuk) kita berikan edukasi. Untuk nanti mereka bisa upload sendiri barangnya," sebut dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com