Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Total Berpartisipasi Pada Tiga Blok Eksplorasi Laut Dalam

Kompas.com - 15/09/2011, 16:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Total, perusahaan minyak dan gas bumi, mengumumkan, pihaknya berpartisipasi dalam tiga blok eksplorasi laut dalam di Selat Makassar, Indonesia.

Hal ini dilakukan melalui penandatanganan perjanjian "farm in" dengan Talisman Energy ("Talisman) untuk tiga blok itu. Di kontraktor kontrak kerja sama Sageri, Total menguasai 50 persen hak partisipasi (participating interest) dan sisanya atau 50 persen dimiliki Talisman.

Sementara di Blok South Sageri, Total mendapat 35 persen hak partisipasi bersama dengan Talisman (35 persen dan PTTEP (30 persen). Adapun di wilayah kerja Sadang, Total menguasai 20 persen hak partisipasi, Talisman (40 persen), dan PTTEP (40 persen).

Ketiga blok yang dioperasikan Talisman itu, terletak di cekungan lepas pantai Makasar Selatan ini dengan kedalaman air berkisar antara 400 sampai 2000 meter. Ketiganya mencakup kawasan seluas 10693 km2.

Komitmen kerja selama masa eksplorasi meliputi akusisi seismik 2D dan 3D serta pengeboran 2(dua) sumur eksplorasi. Pengeboran sumur eksplorasi pertama direncanakanakan untuk dilakukan di KKS Sageri sebelum akhir tahun 2011.

"Dengan akuisisi ini, Total terus memperluas wilayah eksplorasi baru di laut dalam, dan akan terus berinvestasi di Indonesia sejalan dengan upaya Pemerintah Indonesia untuk mengembangkan potensi cadangan hidrokarbon di Indonesia," kata Jean Marie Guillermou, Senior Wakil Presiden Asia Pasific, Eksplorasi dan Produksi, Total S.A, dalam siaran pers, Kamis (15/9/2011), di Jakarta.

"Kami akan berkontribusi di Selat Makasar ini dengan modal pengalaman laut dalam kami. Dan apabila ada penemuan, maka potensi sinergi dengan operasi kami yang telah ada di kawasan tersebut dapat dimanfaatkan untuk pengembangan dan akses ke pasarnya," ujarnya.

Di Indonesia, Grup Total diwakili oleh keberadaan Total E&P Indonésie (hulu), Total E&P dan PT Total Oil Indonesia (hilir), telah beroperasi sejak tahun 1968 dengan kegiatan eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi yang berkonsentrasi di wilayah Blok Lepas Pantai Mahakam di Kalimantan Timur.

Total merupakan produsen gas terbesar di Indonesia dan saat ini memberikan kontribusi sekitar 80 persen gas ke kilang LNG Bontang. Pada tahun 2010, kontribusi Indonesia di Total Grup adalah sebesar 7,5 persen dengan jumlah produksi sekitar 180,000 barel setara minyak perhari. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com