Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intan Baruprana Raih Pinjaman Rp 75 Miliar

Kompas.com - 23/09/2011, 11:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Salah satu anak perusahaan PT Intraco Penta Tbk (INTA), yakni PT Intan Baruprana Finance (IBF), mengumumkan telah mendapat pinjaman senilai Rp 75 miliar dari BNI Syariah, Jumat (23/9/2011). Dana itu akan digunakan untuk mendanai pembiayaan alat berat.

Presiden Direktur IBF sekaligus Direktur Keuangan INTA Fred L Manibog di tengah lokasi Mining Expo di Jakarta, menyatakan, perjanjian kerja sama senilai total 75 miliar atau equivalent 8,3 juta dollar AS dari BNI Syariah berupa executing facility. Seluruh pinjaman ini akan dipergunakan untuk mendanai ekspansi pembiayaan alat berat, baik yang diageni oleh INTA maupun non-INTA.

"Fasilitas ini juga dapat membiayai mesin-mesin pendukung mining, seperti genset, truck ridgit, dan tug & barge (tongkang), juga peralatan dan transportasi yang diklasifikasikan ke dalam alat berat," kata Fred.

Selain itu, dana yang sudah standby untuk pembiayaan sampai dengan akhir Agustus masih tersedia 13 juta dollar AS dan Rp 65 miliar yang siap dipakai sehingga total dana IBF yang tersedia sampai akhir bulan ini mencapai 13 juta dollar AS dan Rp 140 miliar, belum termasuk finalisasi offering loan dari beberapa bank.

Hingga akhir Agustus 2011, IBF telah menggelontorkan pembiayaan alat berat sampai dengan Rp 630 miliar atau mencapai 63 persen dari target 2011 yang sebesar Rp 1 triliun. Kondisi pasar alat berat di Indonesia masih cenderung positif didukung oleh penguatan rupiah dan maraknya industri batu bara tahun ini.

Dengan semua faktor tersebut, kami optimistis akan dapat meraih kinerja lebih optimal lagi. Prospek on hand kami sampai akhir tahun mencapai sekitar Rp 400 miliaran, pungkas Fred.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com