Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RI-Polandia Targetkan Nilai Dagang 1 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 26/09/2011, 15:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Duta Besar Indonesia untuk Polandia, Darmansjah Djumala, menyampaikan Indonesia akan melakukan sejumlah misi investasi dalam rangka mewujudkan target nilai dagang sebesar 1 miliar dollar AS dengan Polandia.

"Langkah konkritnya adalah sebanyak mungkin kita mengirimkan misi-misi investasi dan misi-misi (bisnis) dengan Indonesia seperti ini. Supaya kita bisa meningkatkan hubungan ekonomi ini dengan meningkatkan kontak bisnis seperti ini," ujar Darmansjah kepada Kompas.com, di sela-sela acara Indonesian-Polish Business Meeting, di Jakarta, Senin ( 26/9/2011 ).

Menurutnya, target sebesar 1 miliar dollar AS itu harus dipatok. Dengan begitu, kedua negara akan melakukan upaya dalam mewujudkannya. "Itu saya kira dalam tempo jangka panjang seperti Ibu Dirjen (Amerika dan Eropa Kemenlu Retno LP Marsudi) bilang tadi. Mungkin 5-10 tahun itu bisa kita capai," tambah dia mengenai jangka waktu pencapaian target tersebut.

Untuk diketahui saja, berdasarkan data Polish Statistical Office, pada tahun 2009 , nilai perdagangan kedua negara telah mencapai 570 ,7 juta dollar AS.

Setiap tahunnya, produk dan jasa Polandia juga dipresentasikan pada berbagai pameran perdagangan di Indonesia. Salah satunya yaitu pada tahun 2010 , sejumlah perusahaan Polandia melakukan promosi pada Agrinex International dan Indodefence.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com