Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Indonesia Menarik bagi Banyak Negara

Kompas.com - 26/09/2011, 16:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Duta Besar Republik Polandia untuk Indonesia, Grzegorz Wisniewski, menyebutkan, Indonesia dengan jumlah penduduk yang besar merupakan pasar yang menarik bagi Polandia, juga banyak negara lainnya.

"Pendapat saya, Indonesia adalah pasar yang sangat menarik. Pertama, kalian adalah negara yang sangat besar dengan jumlah penduduk yang besar," ujar Grzegorz kepada Kompas.com di sela-sela acara Indonesian-Polish Business Meeting di Jakarta, Senin (26/9/2011).

Menurut dia, pasar domestik merupakan kekuatan Indonesia. Bahkan, ekspor disebutnya bukan suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh Indonesia. Ini karena jumlah penduduk yang dimiliki Indonesia telah mencapai 240 juta penduduk.

Grzegorz berpendapat, ketika jumlah penduduk Indonesia yang besar ini semakin kaya, maka mereka akan melakukan konsumsi lebih banyak. Dengan begitu, pasar domestik pun akan tumbuh. "Tentu, setiap negara, baik Eropa (keseluruhan), Uni Eropa, (hingga) China, akan mencari pasar seperti ini (Indonesia). Menurut saya, itu sangat natural," ujarnya.

Oleh karena itu, sebanyak 12 perusahaan Polandia, yang didominasi oleh perusahaan di sektor energi, pada hari ini datang untuk mengikuti Indonesian-Polish Business Meeting. Rencananya, selain mengikuti pertemuan hari ini, para pengusaha tersebut juga akan melakukan kunjungan ke Sumatera Selatan. Terkait dengan kunjungan ini, ia pun tidak bisa memberikan detailnya. Hanya, ia menambahkan, Polandia datang sebagai negara yang memiliki teknologi dan keahlian dalam sektor energi dan pertambangan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com