Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/09/2011, 11:23 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Saham-saham Asia berbalik arah (rebound) setelah sekian lama berada dalam kondisi penurunan. Ini terjadi seiring dengan pemerintah Uni Eropa yang meningkatkan usahanya untuk mengatasi krisis utang di wilayah tersebut.

Indeks MSCI Asia Pacific naik 2,9 persen pada pukul 11:41 AM waktu Tokyo. Pencapaian ini merupakan yang pertama kali selama 4 hari terakhir.

Sementara itu, mata uang euro naik 0,2 persen ke 1,3560 yen. Begitu pula dengan won Korea Selatan yang nauk dari posisi terendah dalam satu tahun. "Tidak ada keraguan bahwa pasar dalam kondisi oversold," ujar Shane Oliver selaku Head of Investment Strategy AMP Capital Investor Ltd, seperti yang dikutip Bloomberg, Selasa (27/9/2011).

Shane menilai, masih ada sebuah potensi untuk pasar berbalik arah, dan reaksi akan tergantung pada apa yang pasar lihat dari Eropa. "Investor menaruh harapan besar atas pertemuan Bank Sentral Eropa yang akan berlangsung minggu depan," tambah dia.

Terhadap hal ini, Menteri Keuangan AS, Timothy F Geithner memprediksi bahwa pemerintah negara-negara di kawasan Uni Eropa akan berupaya lebih untuk mengatasi krisis utang di wilayah tersebut. Ini terjadi setelah UE mendengar kekhawatiran akan keuangan global dari pertemuan di Washington, pada minggu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com