Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendag Dukung Penghentian Ekspor Timah

Kompas.com - 29/09/2011, 16:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Deddy Saleh menyatakan pihaknya mendukung langkah para pengusaha untuk menghentikan sementara ekspor timah. Langkah tersebut, menurut Deddy, menjadi strategi penting dalam mengontrol harga timah internasional.

"Kalau tidak dihentikan sementara harga timah bisa terus merosot. Itu adalah strategi untuk mengatur suplai dan upaya memperbaiki harga. Tujuan utamanya supaya kita tidak dipermaikan para spekulan di bursa," kata Deddy, Kamis (29/9/2011) di Jakarta.

Pelaku industri timah dalam negeri akan memulai menghentikan ekspor timah batangan mulai 1 Oktober 2011. Langkah tersebut untuk mengembalikan harga timah yang anjlok karena permainan spekulan.

Indonesia saat ini merupakan produsen timah terbesar di dunia. Produksi timah dari Bangka Belitung mencapai 8.500 ton per bulan untuk pasar global. Rencana Indonesia menghentikan ekspor timah itu membuat harga timah melonjak hingga 7,3 persen menjadi 21.795 dollar AS per ton pada Selasa (27/9/2011). Harga kemudian turun lagi 2,5 persen menjadi 21.250 dollar AS per ton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com