Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Realisasi Pajak Sudah 60 Persen

Kompas.com - 30/09/2011, 13:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dirjen Pajak Kementerian Keuangan, Fuad Rahmany menyebutkan realisasi pajak sudah mencapai 60 persen dari target penerimaan pajak hingga kuartal ketiga tahun ini.

"Sampai kuartal tiga ini, sudah di atas 60 persen realisasinya (dari target total penerimaan pajak 2011 sebesar Rp 878,7 triliun)," ujar Fuad, usai menghadiri peluncuran Sensus Pajak Nasional, diJakarta Utara, Jumat (30/9/2011).

Fuad pun berharap, target sebesar Rp 878,7 triliun bisa tercapai hingga akhir tahun ini. Dijen Pajak akan berusaha mencapai target yang telah direvisi dalam APBN-Perubahan 2011 ini sekalipun cukup tinggi. "Tapi kami akan usahakan supaya bisa tercapai," tegas dia.

Adapun, salah satu upaya untuk menaikkan penerimaan pajak ini adalah dengan kegiatan Sensus Pajak Nasional yang peluncurannya dilakukan hari ini. Ia berpendapat, pengadaan sensus sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah Wajib Pajak serta tax ratio (rasio penerimaan pajak dan PDB). "Ini merupakan usaha kita naikin tax ratio tapi jangan diharapkan dalam waktu 3 bulan ini. (Karena) ini baru pertama kali kita melakukan uji coba untuk melakukan sensus," tegasnya, di mana tax ratio untuk tahun ini ditargetkan sebesar 12,6 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com