Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Rumput Laut Turun

Kompas.com - 03/10/2011, 17:28 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca menyebabkan penurunan harga rumput laut di beberapa wilayah. Di Brebes harga satu kilogram rumput laut turun dari Rp 7.000 menjadi Rp 2.500.

Penurunan harga rumput laut dipengaruhi kualitas yang kurang maksimal. Produksi rumput laut yang dihasilkan juga menurun. Dalam kondisi normal, setiap hektar menghasilkan 1,5 ton rumput laut kering, tetapi saat ini hanya 750 kilogram (kg).

Menurut laporan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi, Senin (3/10/2011), penurunan produksi rumput laut juga terjadi di Pamekasan, Madura.

Gara-gara cuaca panas dan ombak besar melanda perairan Selat Madura akhir-akhir ini, petani rumput laut di Pamekasan merugi hingga 50 persen dari masa panen sebelumnya.

Dari 100 kg bibit rumput laut, biasanya menghasilkan 800 kg dalam 40 hari, tetap kini hanya 400 kg, bahkan akibat cuaca buruk ini, kualitas rumput laut kurang maksimal.

Harga rumput laut saat ini berada pada level Rp 8.000 per kg dari harga sebelumnya Rp 10.000 per kg. Harga rumput laut yang dijual pedagang di Makassar, Sulawesi Selatan, juga mengalami penurunan.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com