Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Utang 28,5 Juta Dollar AS untuk Hutan Kalimantan

Kompas.com - 03/10/2011, 17:29 WIB
Pieter P Gero

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Amerika Serikat dan Indonesia menandatangani perjanjian pengalihan utang untuk alam di bawah UU konservasi hutan tropis AS Tropical Forest Conservation Act (TFCA) tahun 1998.

Kesepakatan ini akan mengurangi pembayaran utang Indonesia ke Pemerintah AS dalam 8 tahun ke depan sebesar hampir 28,5 juta dollar AS atau sekitar Rp 250 miliar.

Sebagai gantinya, Pemerintah Indonesia akan berkomitmen untuk menggunakan dana ini dalam mendukung hibah untuk melindungi dan memulihkan hutan tropis di Kalimantan.

Perjanjian ini, dalam kemitraan dengan World Wide Fund for Nature-Indonesia (WWF) dan The Nature Conservancy (TNC), akan menjadi pengalihan utang untuk alam TFCA yang kedua di Indonesia.   

Perjanjian yang pertama ditandatangani pada tahun 2009 untuk mendukung kegiatan konservasi hutan di pulau Sumatra. Kedua perjanjian ini membantu pencapaian tujuan Kemitraan Komprehensif AS-Indonesia di bidang perubahan iklim dan lingkungan.  

Kalimantan secara historis memiliki hutan paling terpencil dan kaya biota. Saat ini terdapat 15.000 tanaman bunga di Kalimantan dan pulau ini menjadi habitat bagi sejumlah besar spesies satwa dilindungi seperti, orang utan, macan tutul, dan gajah kerdil.   

TFCA Indonesia kedua menjadi yang ke-18 di seluruh dunia, setelah perjanjian sebelumnya dilakukan dengan Banglades, Belize, Botswana, Brasil, Kolombia, Kosta Rika (dua perjanjian), El Salvador, Guatemala, Indonesia (kini dua perjanjian), Jamaika, Panama (dua perjanjian), Paraguay, Peru (dua perjanjian), dan Filipina. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com