Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Berjangka Melemah 17,4 Poin

Kompas.com - 10/10/2011, 17:25 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi, Senin (10/10/2011), melaporkan, harga emas berjangka yang diperdagangkan di NYMEX ditutup melemah 17,4 poin. Harga emas berjangka untuk penyerahan 1.634,5 dollar AS per troy ounce.

Harga emas bergerak menurun setelah data-data ekonomi Amerika Serikat dilaporkan membaik. Misalnya, data non-farm payroll AS pada September meningkat 103.000 tenaga kerja. Meski tingkat pengangguran AS tetap 9,1 persen, data non-farm payroll berhasil mengangkat optimisme pasar. Hal ini turut meningkatkan indeks dollar AS sekaligus melemahkan nilai emas. Indeks dollar AS menguat 0,1 persen menjadi 78,73.

Sehari sebelumnya, pergerakan harga emas mengalami kenaikan akibat terdorong oleh belum kondusifnya kondisi perekonomian di Eropa karena belum ada kesepakatan mengenai upaya pemberian bantuan terhadap perekonomian Yunani. Proses lobi-lobi yang masih dilakukan oleh Kanselir Jerman masih belum menghasilkan sebuah kesepakatan kolektif dari para pemimpin Eropa.

Di Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia, harga emas berjangka yang diperdagangkan ditutup melemah. Harga emas berjangka untuk penyerahan Oktober 2011 ditutup melemah Rp 6.300 per gram dan ditutup pada level Rp 476.000 per gram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com