Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perayaaan Agama di India Katrol Harga "CPO"

Kompas.com - 11/10/2011, 17:27 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi, Selasa (11/10) melaporkan harga minyak kelapa sawit mentah atau CPO yang diperdagangkan di MDEX (MalaysiaDerivatives Exchange ) ditutup menguat.

Harga CPO berjangka untuk penyerahan Oktober 2011 ditutup pada level harga 2.820 ringgit per ton, dari harga sebelumnya 2. 787 ringgit per ton.

Ekspor minyak sawit Malaysia pada 10 hari pertama bulan Oktober naik 31,8 persen menjadi 496.918 ton, dibandingkan periode yang sama pada bulan lalu. Permintaan dari India meningkat sebelum perayaan keagamaan Diwali berlangsung pada akhir Oktober.

Berdasarkan pengumuman tender dalam situs PEC Ltd, perusahaan asal India tersebut memesan 15.000 ton minyak sawit olahan, bleached dan deodorized palm olein untuk pengiriman 30 November.

Lembaga perdagangan sawit terbesar milik pemerintah India, MMTC Ltd, juga memesan 24.000 ton RBD palm olein pekan lalu.

Sementara itu Malaysian Palm Oil Board merilis data stok Malaysia per September yang bertambah 12,4 persen menjadi 2,12 juta metrik ton. Sementara produksi meningkat 12,1 persen menjadi 1,87 juta ton, dan ekspor turun 8,8 persen menjadi 1,54 juta ton. CPO yang diperdagangkan di bursa dalam negeri juga mengalami kenaikan.

Di BKDI (Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia), harga CPO untuk penyerahan Oktober 2011 ditutup pada level harga Rp 8.180 per kilogram (menguat sebesar Rp 90 per kilogram).

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com