Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Slowakia Kecewakan Pasar Asia

Kompas.com - 12/10/2011, 09:38 WIB
Anastasia Joice

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com — Pasar saham Asia melemah pada perdagangan Rabu (12/10/2011). Para investor kecewa karena Slowakia menolak rencana ekspansi dana talangan dari Fasilitas Stabilitas Finansial Eropa. Penolakan tersebut kembali membuat penyelesaian krisisi utang Eropa menjauh.

Walaupun ada kenaikan teknis pada pasar AS karena data positif dari AS, para investor yang membeli aset berisiko tetap berhati-hati.

"Para pelaku pasar akan bertransaksi dengan hati-hati dan tetap memperhatikan laporan kinerja emiten dan perkembangan di zona euro," ujar Mitul Kotecha, analis dari Credit Agricole.

"Kami melihat, kemauan dari sejumlah pemimpin Eropa untuk menyelesaikan krisis di zona euro pada akhir bulan ini dapat menjadi penggerak pasar ke arah positif. Namun, tetap saja sejarah membuktikan potensi kekecewaan akan tetap tinggi," ujarnya.

Indeks Nikkei Jepang turun 0,6 persen, S&P Australia turun 1,2 persen, Kospi Korea turun 0,7 persen. Pada pasar valuta, kurs euro melemah terhadap dollar AS dan yen. Mata uang tunggal itu melemah dari 1.3640 per dollar AS menjadi 1,3606 per dollar AS. Harga emas di pasar spot diperdagangkan pada 1.664,3 per troy ounce (31,1 gram), naik 1,1 dollar AS dari perdagangan di New York.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com