Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungi Pameran Mutiara di Grand Indonesia

Kompas.com - 12/10/2011, 13:15 WIB
Brigita Maria Lukita

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Festival Mutiara Indonesia dibuka di Grand Indonesia, Jakarta, tanggal 12-16 Oktober 2011. Pameran dibuka oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad, di Jakarta, Rabu (12/10/2011).

Total pengisi pameran mencapai 55 stand. Mutiara yang ditampilkan berupa mutiara air laut dengan beragam warna, seperti putih, kuning, merah muda, dan hitam. Harga mutiara itu mencapai Rp 75 juta per butir.

Indonesia tercatat sebagai produsen mutiara jenis south sea pearl (mutiara laut selatan) terbesar di dunia. Mutiara laut selatan memiliki keunikan warna dan kilau yang memesona.

Permintaan perhiasan mutiara mengalami peningkatan. Salah satu upaya KKP mengendalikan serbuan mutiara air tawar (fresh water) atau disebut mutiara imitasi asal China ke Indonesia adalah pembuatan standar nasional Indonesia (SNI) mutiara atau SNI 4989:2011.

Nilai perdagangan mutiara dunia tahun ini diperkirakan 1,5 miliar dollar AS, sedangkan Indonesia baru mampu mengekspor 30 juta dollar AS. Padahal, Indonesia tercatat sebagai produsen mutiara terbesar SSP dengan 27 perusahaan skala menengah dan besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com