Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatta: Ada Keinginan DPR Turunkan Lagi Subsidi BBM

Kompas.com - 12/10/2011, 15:15 WIB
Stefanus Osa Triyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinasi Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, berdasarkan nota keuangan RAPBN 2012, ada subsidi bahan bakar minyak sebanyak 40 juta kiloliter, dengan total subsidi Rp 123 triliun.

Jumlah sebanyak itu sudah didasarkan adanya berbagai upaya keras pemerintah dalam menekan konsumsi bahan bakar minyak bersubsidi. Namun, ada upaya dari DPR RI untuk menurunkan lagi dari 40 juta kiloliter lagi.

"Artinya, penentuan jumlah tersebut sudah didasarkan usaha dibandingkan tahun APBN-P tahun 2011 lebih dari 40 juta kiloliter. Dengan tren pertumbuhan, sebetulnya dibutuhkan subsidi sebanyak 44 juta kiloliter," kata Hatta di sela-sela penyerahan Investment Award 2011 di kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal di Jakarta, Rabu (12/10/2011).

Hatta menjelaskan, tahun 2012 pemerintah sudah menetapkan angka subsidi untuk 40 juta kiloliter. Namun, ada upaya pemerintah untuk melakukan semacam pengaturan dan pembatasan. Sekarang sedang dibahas lagi bersama DPR RI, khususnya komisi VII dan Badan Anggaran.

"Namun, ada keinginan lagi dari dewan untuk menurunkan lagi jumlah subsidi BBM yang sudah ditetapkan 40 juta kiloliter. Artinya, kita harus memiliki ekstra usaha lebih keras lagi," tegas Hatta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com