Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Semakin Menarik bagi Pengusaha UEA

Kompas.com - 12/10/2011, 22:17 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Dari tahun ke tahun, minat para pengusaha Uni Emirat Arab (UEA) yang hadir dalam Trade Expo Indonesia (TEI) semakin meningkat.

Tahun lalu, jumlah mereka yang hadir mencapai sekitar 180 orang atau terbesar kedua setelah pengusaha asal Amerika Serikat. Tahun ini diharapkan sekitar 200 pengusaha asal UEA kembali berpartisipasi dalam ajang pameran dagang terbesar di Indonesia itu.

Dalam keterangan pers yang diterima Kompas, Rabu (12/10/2011), Dubes Indonesia untuk UEA M Wahid Supriyadi mengatakan, pihaknya yakin target tersebut akan terpenuhi, mengingat tahun ini untuk pertama kalinya baik pemerintah federal maupun di tingkat emirat mendukung penuh acara tersebut.

Sementara itu, Under-Secretary Kementerian Perdagangan Luar Negeri Abdullah Ahmed Al Saleh, yang tahun ini akan memimpin misi dagang ke Indonesia, mencatat saat ini terdapat 35 pengusaha emirat yang telah mendaftar.

Keikutsertaan delegasi dagang UAE yang akan dipimpinnya akan melihat sektor-sektor potensial produk ekspor Indonesia ke UEA. Wahid melihat bahwa UEA dapat dijadikan entry point produk-produk Indonesia untuk pasar Timur Tengah dan Afrika yang masih sangat terbuka.

Ditambahkan, tahun lalu total perdagangan Indonesia dan UEA mencapai hampir 2 miliar dollar AS. Indonesia menikmati surplus hampir 1 miliar dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com