Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MAP Kuasai Pasar Ritel Gaya Hidup Indonesia

Kompas.com - 13/10/2011, 16:09 WIB
R. Adhi Kusumaputra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mitra Adiperkasa (MAP) menguasai pasar ritel gaya hidup di Indonesia.

Memiliki 90-an merek dan 980 toko di 37 kota di Indonesia, Mitra Adiperkasa menjadi pemimpin ritel gaya hidup di Indonesia. Dari jumlah tersebut, 73 persen berlokasi di Jakarta, Jawa 15 persen, Bali 5 persen, Sumatera 5 persen, Kalimantan 1 persen, dan Sulawesi 1 persen.

Demikian diungkapkan Corporate Secretary PT Mitra Adiperkasa Tbk Fetty Kwartat dalam kunjungannya ke kantor Redaksi Harian Kompas Kamis (13/10/2011),  Kunjungan Fetty dan tim MAP ke "Kompas" diterima oleh Andi Suruji, Wakil Redaktur Pelaksana dan Retno Bintarti, Sekretaris Redaksi "Kompas".

Sampai September 2011, pertumbuhan revenue MAP dari tahun ke tahun terus meningkat. Jika pada tahun 1995, revenue MAP Rp 28 miliar, tahun 2011 sudah mencapai Rp 6,3 triliun.

MAP mengisi 343.529 meter persegi di 14 pusat perbelanjaan premium di Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, dan Bali. Luas ini setara dengan 31 persen dari luas keseluruhan 14 mal 1.098.500 m2.

Empat belas pusat perbelanjaan premium yang memiliki gerai produk dan merek MAP adalah Discovery Bali, Nusa Dua Bali, Paris Van Java Bandung, Plaza Senayan Jakarta, Senayan City Jakarta, Grand Indonesia Jakarta. Pondok Indah Mall I-II jakarta, Galaxy Mall Surabaya, Plaza Indonesia Jakarta, Sun Plaza Medan, Emporium Pluit, Central Park Jakarta, Tunjungan Plaza I-IV Surabaya, dan Mal Kelapa Gading I-III Jakarta.

Merek-merek MAP terbagi dari Department Stores yaitu Sogo, Seibu, dan Debenhams. Saat ini ada 11 Sogo dengan total area 174.454 m2 dengan 900 brand. Sedangkan Seibu hanya di Grand Indonesia (300 brand), Debenhams dua gerai dengan luas total 28.000 m2 (300 brand), FoodHall (11 gerai), Alun-alun Indonesia (5 gerai di Jakarta dan Bali).

Speciality Stores terdiri dari Sports, Fashion and Lifestyle, dan Children. Gerai Sports antara lain Sport Stations, Planet Sports, The Athlete's Foot, Golf House, sedangkan gerai Fashion and Lifestyle antara lain Zara, Marks & Spencer, Next, Topman, Kipling, Swatch, dan gerai Children adalah Kidz Station, OshKosh B'Gosh, dan Barbie Boutique.

MAP juga berjaya di merek-merek food and beverage, dengan Starbucks Coffee (107 gerai), Burger King (21 gerai), Domino's Pizza (27 gerai), Pizza Marzano (8 gerai), Cold Stone (12), Krispy Kreme (9), dan Chatter Box (10).

MAP juga mengoperasikan tiga toko buku Kinokuniya di Sogo Plaza Senayan, Pondok Indah Mall 2 dan Grand Indonesia.

Ferry mengatakan, MAP tetap fokus pada bisnis ritel gaya hidup, dan tidak akan masuk ke bisnis properti, seperti misalnya membangun mal sendiri.

MAP baru saja mendapatkan "Asia's Best Brand Award 2011 for Excelence in Branding & marketing" (CMO Asia) dan "Asia's Best Employer Brand Award 2011 for Outstanding HR Practices" (World HRD Congress).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com