Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Industri Tekstil Jangan Terlena

Kompas.com - 14/10/2011, 13:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Ade Sudrajat menyerukan agar para pelaku industri tekstil di Indonesia tidak terlena terkait dengan kondisi iklim industri tekstil yang saat ini kian membaik.

"Kondisi industri tekstil di Indonesia saat ini sedang bagus-bagusnya, tetapi jangan pakai kesempatan ini untuk berleha-leha," kata Ade Sudrajat di Jakarta, Jumat.

Menurut Ade, kondisi industri tekstil Indonesia saat ini sedang naik walaupun perekonomian global sedang mengalami krisis. Oleh karena itu, dia berharap agar para pelaku industri tekstil tetap waspada dengan situasi ini. "Kita kan naiknya di tengah-tengah krisis, jadi jangan molor, jangan keenakan tidur," kata dia.     

Lebih lanjut Ade mengatakan, agar industri tekstil Indonesia terus meningkat, pemerintah seharusnya mengambil langkah-langkah untuk mengatasi dampak krisis global seperti meningkatkan daya saing industri

"Pemerintah harusnya membangun infrastruktur yang baik dan memberikan kepastian pasokan gas bagi industri."     

Selain itu, Ade menambahkan, pemerintah juga agar mempercepat pembahasan perdagangan bebas atau free trade agreement (FTA) dengan Uni Eropa dan Australia. Ade juga berharap agar Indonesia bisa menjadi anggota kerja sama lintas pasifik atau transpacific partnership (TPP) bagi Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com