Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trade Expo Indonesia Targetkan 380 Juta Dollar

Kompas.com - 19/10/2011, 15:35 WIB
Banar Fil Ardhi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Republik Indonesia Boediono didampingi Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, Menteri Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif Marie Elka Pangestu, dan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan membuka pameran produk-produk unggulan Indonesia untuk pasar dunia pada Trade Expo Indonesia (TEI) 2011, di Hall D Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (19/10/2011).

Wakil Presiden RI Boediono mengatakan, kunci kemajuan ekonomi Indonesia terletak pada peningkatan produksi dan daya saing perdagangan. "Melalui pameran ini diharapkan dapat mengundang pembeli dari dalam dan luar negeri. Hambatan produksi perdagangan Indonesia terletak pada logistik dan biaya yang sangat mahal, kedua masalah itulah yang akan menjadi fokus pemerintah di masa mendatang," ujar Boediono saat pembukaan Trade Expo Indonesia 2011.

Pameran yang mengusung tema Remarkable Indonesia tersebut diikuti peserta dari 88 negara dan dihadiri 2.600 buyer. Pameran ini digelar untuk mempromosikan produk unggulan ekspor Indonesia kepada buyer, mempercepat perkembangan ekonomi kreatif, penguatan nation branding, serta mempertahankan ekspor ke pasar tradisional dan meningkatkan ekspor ke pasar non-tradisional.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menjelaskan, keberadaan Trade Expo Indonesia diharapkan dapat mengukuhkan diri sebagai pameran dagang berstandar internasional yang menampilkan produk-produk terbaik dengan creative differences.

Pada tahun ini Kementerian Perdagangan melalui TEI 2011 menargetkan transaksi mencapai 380 juta dollar Amerika Serikat dengan jumlah pembeli 8.300 orang dan jumlah pengunjung diperkirakan mencapai 25.000 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com