Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indeks Tembus Lagi 3.700

Kompas.com - 24/10/2011, 17:07 WIB
Anastasia Joice

Penulis

HONGKONG, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat pada perdagangan Senin (24/10/2011) hingga kembali menembus level 3.700.

 

Pada akhir perdagangan, IHSG menguat hingga 86,11 poin atau 2,37 persen menjadi 3.706,7 sementara indeks LQ 45 menguat 19,371 atau 3,02 persen menjadi 659,6.

 

Seluruh indeks di Bursa Efek Indonesia ditutup menguat. Rupanya para investor menanggapi hasil pertemuan para pemimpin Eropa dengan positif. Nilai transaksi sebesar Rp 4,9 triliun. Para investor asing sudah kembali membeli saham di BEI, dengan mencatatkan pembelian bersih Rp 405,162 miliar.

Saham-saham yang menjadi pendorong penguatan antara lain Bank Mandiri (BMRI), Bank BRI (BBRI), dan Astra International (ASII).

 

 

Sementara itu indeks di bursa Asia juga menguat. Selain faktor Eropa, data sektor manufaktur China yang terkontraksi selama tiga bulan terakhir, ternyata sekarang sudah membaik.

Data ekspor Jepang juga sudah membaik dalam dua bulan berturut-turut, menandakan negara itu mulai bangkit dari kesulitan akibat bencana alam awal tahun ini.

 

Di Jepang, indeks Nikkei naik 1,4 persen. Penguatan yen yang mencapai rekor pada Jumat lalu tampaknya akan mengurangi keuntungan eksportir.

Menteri keuangan Jepang memperingatkan kemungkinan akan melakukan intervensi di pasar mata uang, untuk mencegah penguatan yen lebih lanjut.

 

Sementara pasar saham Eropa dibuka menguat di awal perdagangan. Indeks FTSE Inggris naik

0,4 persen menjadi 5.512,34 DAX Jerman naik 0,9 persen menjadi 6.021. CAC Perancis naik 0, persen menjadi 3.188,44. Indeks Wall Street juga diperkirakan akan menguat pada perdagangan hari ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com