Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laba CIMB Niaga Syariah Naik 87 Persen

Kompas.com - 27/10/2011, 13:43 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — CIMB Niaga Syariah yang merupakan unit usaha dari PT Bank CIMB Niaga Tbk mencatat peningkatan laba sebelum pajak sebesar 87 persen per September 2011 dari bulan yang sama tahun sebelumnya.

Laba meningkat dari Rp 26,05 miliar pada bulan September 2010 menjadi Rp 48,74 miliar pada September tahun ini. Perolehan laba ini didukung oleh sejumlah kinerja bisnis syariah.

Pencapaian kinerja tersebut antara lain peningkatan penyaluran pembiayan sebesar 95 persen dari Rp 1,45 triliun menjadi Rp 2,82 triliun. Dan, adanya kenaikan dana pihak ketiga (DPK) sebesar 95 persen, dari Rp 1,76 triliun menjadi Rp 3,44 triliun per September 2011. Peningkatan laba dan kinerja tersebut akhirnya mendorong tumbuhnya aset sebesar 71 persen, dari Rp 2,46 triliun menjadi Rp 4,21 triliun.

"Kami bersyukur perolehan laba CIMB Niaga Syariah per September tahun ini meningkat 80 persen lebih dibandingkan per September tahun lalu," ujar Direktur Retail Banking dan Syariah CIMB Niaga Ferdy Sutrisno dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (27/10/2011).

Dia menyebutkan, pencapaian kinerja yang positif tersebut diikuti dengan membaiknya kualitas aktiva produktif. Rasio pembiayaan bermasalah bersih (Net NPF) turun 0,2 persen menjadi 0,5 persen pada September tahun ini. Persentase tersebut jauh dari ketentuan Bank Indonesia sebesar 5 persen. Terhadap hal ini, Ferdy berpendapat bahwa peningkatan pembiayaan syariah juga diiringi praktik perbankan syariah yang prudent dan sesuai dengan prinsip syariah.

Sementara itu, pada sisi efisiensi, rasio beban operasional dibandingkan pendapatan operasional (BOPO) bisnis syariah tercatat 72,35 persen. Angka ini lebih baik ketimbang September 2010 sebesar 81,11 persen. Ini menandakan adanya peningkatan efisiensi bisnis dari CIMB Niaga Syariah.

Secara terpisah, Head of Syariah Banking CIMB Niaga U Saefudin Noer berpendapat, meningkatkan berbagai indikator kinerja bisnis syariah karena semakin banyaknya masyarakat yang mengakses produk dan layanan perbankan dari unit usaha syariah CIMB Niaga ini. Dukungan manajemen dan seluruh unit bisnis CIMB Niaga terhadap pengembangan bisnis perbankan syariah juga positif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com