Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Allianz Siap Jaring 1 Juta Nasabah Asuransi Mikro

Kompas.com - 27/10/2011, 15:51 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Allianz Indonesia menargetkan mampu menjaring minimal satu juta nasabah asuransi mikro secara nasional. Target ambisius ini bakal dicapai dalam waktu lima tahun mendatang.

"Beberapa target kami di asuransi mikro telah tercapai dalam jangka waktu lima tahun dimulainya asuransi mikro kami, terutama dimana kami ingin menjadi mitra pertama dan tumbuh bersama dengan nasabah mikro kami," kata Deputy CEO Allianz Life Indonesia Handojo Kusuma di Jakarta, Kamis (27/10/2011).

Allianz Life Indonesia melaporkan total pendapatan premi sebesar Rp 28,7 milyar dari bisnis asuransi mikro selama 8 bulan pertama di tahun 2011, meningkat 123 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Profil nasabah telah meluas dari hanya keluarga dengan tingkat perekonomian bawah kini menyentuh kepada segmen dengan perekonomian yang sedikit berada di atasnya.

Allianz Life menawarkan perlindungan asuransi kredit mikro dengan para mitra dan juga telah mulai memasarkan perlindungan baru plus manfaat tabungan mikro Tamadera di awal tahun 2011.

Tamadera-kependekan dari menciptakan masa depan sejahtera- adalah kombinasi dari perlindungan asuransi jiwa, mencakup penyakit kritis dan memiliki manfaat tabungan. Untuk premi minimum sebesar Rp 10.000 per minggu selama 5 tahun, pelanggan mendapatkan perlindungan asuransi jiwa minimal Rp 2,5 juta.

Jika terdeteksi menderita salah satu dari lima penyakit kritis (Kanker, Stroke, Serangan jantung, gagal ginjal, luka bakar Mayor) asuransi juga membayar Rp 2,5 juta.

Jika tidak ada klaim, nasabah akan menerima premi mereka kembali secara penuh setelah lima tahun, yang minimal Rp 2,5 juta. Keluarga akan dapat menggunakan pembayaran ini misalnya untuk membiayai pendidikan anak-anak mereka.

"Tahun ini, kami memperkuat saluran distribusi melalui kerja sama dengan saluran penjualan konvensional yang telah ada seperti agen dan tim account executive untuk juga menjual produk asuransi mikro. Kami juga melengkapi diri dengan produk inovatif yang memungkinkan kami secara fleksibel menyesuaikan dengan model bisnis mitra kami," kata Edi Yoga Prasetyo, Head of Emerging Consumers/ Microinsurance Allianz Life Indonesia.

Allianz Life telah membayar 564 klaim, dengan nilai sebesar RP 1,5 milyar dari Januari hingga Agustus tahun ini. Secara total sejak 2006, total manfaat yang diberikan kembali pada para nasabah telah mencapai Rp 2,7 miliar untuk total hampir 1.200 klaim. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com