Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Profil Empat Calon Deputi Gubernur BI

Kompas.com - 28/10/2011, 16:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) secara resmi telah menyampaikan empat nama calon Deputi Gubernur Bank Indonesia kepada Dewan Perwakilan Rakyat RI untuk menjalankan proses fit and proper test (uji kepatutan dan uji kelayakan). Ada 4 calon Deputi Gubernur BI yang diusulkan oleh Presiden.

Berdasarkan keterangan resmi yang dirilis BI, Muliaman D. Hadad (Deputi Gubernur BI) dan Riswinandi (Wakil Direktur Utama Bank Mandiri) dicalonkan untuk menggantikan posisi Muliaman D. Hadad yang masa jabatannya akan habis pada Desember mendatang.

Sedangkan calon pengganti Deputi Gubernur Bank Indonesia, almarhum Budi Rochadi adalah Perry Warjiyo (Direktur Direktorat Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter, BI) dan Ronald Waas (Direktur Direktorat Akunting dan Sistem Pembayaran, BI).

Berikut adalah profil keempat calon Deputi Gubernur BI tersebut

Muliaman Darmansyah Hadad

Pria kelahiran Bekasi 1960 ini meraih gelar Sarjana Ekonomi Universitas Indonesia (UI) dan gelar PhD dalam bidang Business and Economics dari Monash University, Melbourne, Australia.

Muliaman mengawali kariernya sebagai staf umum di Kantor Bank Indonesia Mataram tahun 1986. Pada tahun 2003 diangkat sebagai Kepala Biro Stabilitas Sistem Keuangan dan sebagai Direktur Direktorat Penelitian dan Pengaturan Perbankan sejak tahun 2005.

Muliaman D. Hadad diangkat sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia sesuai Keputusan Presiden RI No.69/P Tahun 2006, tanggal 22 Desember 2006 dan diambil sumpahnya pada Januari 2007. Ia juga menjabat sebagai Anggota Dewan Komisaris Lembaga Penjamin Simpanan, Basel Committee on Banking Supervision (BCBS), dan juga Financial Stability Board (FSB). Di luar kedinasannya, Muliaman juga menjabat sebagai Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah, Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Indonesia Fakultas Ekonomi, Dewan Penasihat Lembaga Komisaris dan Direktur Indonesia, Ketua Fokus Group Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (PP menjadi dosen di program pasca sarjana di beberapa perguruan tinggi.

Riswinandi

Pria kelahiran 1957 ini menyelesaikan pendidikan Sarjana Ekonomi Jurusan Manajemen di Universitas Trisakti, Jakarta pada 1983. Riswinandi memulai kariernya sebagai Senior Assistant di SGV Utomo pada 1984. Selanjutnya, pada 1986 memulai berkarier di PT Bank Niaga Tbk selama kurun waktu 13 tahun, khususnya dalam pengelolaan kredit korporasi (Corporate Banking), juga sebagai Kepala Cabang (General Manager) Bank Niaga di Los Angeles, Amerika Serikat dan terakhir menjabat sebagai Vice President Human Resources (Group Head).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com